KENALKAH JENIS KONSERVASI ?

Selasa, 03 Juli 2012

Penataan Kawasan stasiun Lempuyangan sebagai daya tarik


Nama   : M. Arif Hardianta
Nim     : 114080103
Kls       : A



Melihat potensi yang ada di sekitar stasiun lempuyangan setiap pagi,siang,sore,malam di bawah jembatan layang tepatnya di dekat perlintasan kreta api banyak masyarakat yang sering kali menikmati pemandangan kretaapi yang melintas. Karena di tempat itupun juga ada para pedagang kakilima yang menyuguhkan jajanannya,hal tersebut menambah daya tarik bagi masyarakt untuk sering menghabiskan waktu luang di sekitar tempat itu.
 Puncak keramaian dari tempat tersebut pada waktu sore hari, karena banyak masyarakat dari kalangan tua,muda,besardan kecil sering berada di sekitar tempat itu untuk melihat pemandangan ataupun sekedar bersantai, Dan menurut segi pandang saya daerah tersebut sangatlah rawan, dan kurang efisien bagi para penikmat pemandangan kretaapi yang lewat, ataupun hanya buat sekedar bersantai.
 Karena di sekitar tempat itu langsung berada di pinggir jalan besar dan aktifitasnya sangat rame dan padat pada waktu siang,sore dan malam hari.Dalamrencanarevitalisasikawasanatauarea  inisayaakanmembanguntaman yang yangbertujuan agar parapengunjung yang sebelumnyaberada di utararel agar maupindah di taman yang akansayarencanakanini di selatanrel agar  lebihnyaman, amandantertatarapi.
Padasaatini di sekitar area lempuyanganinisendiriterdapatsebuahmonumengerbong yang sedang di kerjakanoleh PT.KAI, oleh karena itu rencana ini juga akan memberi kenyaman dan masyarakatpun juga dapat menikmati dan mengunjungi monument tersebut.
Taman tersebut akan merencanakan pembangunanya memanjang ke barat hingga ke parkiran stasiun.
Taman ininantinyaakan dibuatagaktinggidanjarakdarirelsekitar 2meter untuk keselamatan pengunjung yang akanmenikmatipemandangantersebut, jugaakansayaberipagarpembatas agar lebihamanbagianak-anakkecilataupun orang dewasa.
Tidaklupanantinyatamaninijugaakandirencanakanuntukpenanamanpohon-pohon agar lebihsejukdanditambahkan toilet untukmenunjangkenyamanpengunjung.Taman inijugaakan di berifasilitas berupa tempat duduk yang nyaman yang menghadap ke utaras ehingga bisa menikmati pemandangan lalulalang kereta api yang melintas di tempattersebut.
Untuk para pedagang-pedagang yang biasannyaberjualan di sekitar area tersebut nantinya juga akan di buatkan tempat agar lebihtertatarapi, sehingga tidak terkesan tidak rapi dan berantakan sepertisaatini.Dan nantinya parkir para pengunjung dan penikmat taman akan digabungkan dengan parkir stasiun yang sekarang, agar pengelolaan parkir lebih tertata dan dapat bernilai ekonomi untuk PT.KAI itu sendiri.
Di kawasanatau area rencana taman tersebut juga terdapat rumah sinyal keretaapi,  tetapi sudah tidak terpakai lagi, dan juga punya rencana  untuk memanfaatkan bangunan rumah sinyal tersebut sebagai sarana untuk melihat pemandangan di sekitar setasiun lempuyangan sehingga pengunjung dapat lebih tertarik untuk selalu mengunjungi tempat tersebut.
















Gambar :Lokasirencanatempatpemindahan






 







                        Gambar :Lokasisaatini yang rencananyaakandipindah




Nama : M.ARIF Hardianta
Nim    :  114080103
Kls         : A    
REVITALISASI KAWASAN
1.      Apa tanggapan masyarakat dan warga sekitar atas penataan dan pemindahan tempat penikmat pemandangan kereta api yang berada di lempuyangan(di bawah jembatan layang)
-          Jawab
Tanggapan dari masyarakat dan warga sekitar sangat bagus, Karena masyarakat dan warga sekitar juga menilai jika para penikmat atau pengunjung pamandangan tersebut makin banyak maka jalanan di bawah jembatan layang semakin padat dan dapat menimbulkan atau mengakibatkan kemacetan serta dapat menjadikan timbulnya bahaya kecelakaan di sekitar tempat tersebut. Dengan adanya penataan ini maka para pengunjung atau penikmat pemandangan ini lebih nyaman dan dapat tertata rapi serta mengurangi bahaya kecelakaan. Karena adanya lahan yang di sediakan khusus untuk para pengunjung yang akan menikmati suasana dan menghabiskan waktu di tempat itu.

2.      Apa nilai ekonomis bagi masyarakat dan PT.KAI atas pemindahan atau penataan tersebut
-jawab
Nilai ekonomis bagi masyarakat dan warga sekitar adalah,masyarakat sekitar dapat membuka lapangan kerja dengan cara berjualan di tempat yang sudah di sediakan di tempat itu. Dan untuk PT.KAI dalah akan di untungkan dari segi masyarakat yang akan mengunjungi tempat tersebut.

3.      Permasalahan apa yang akan timbul sebelum penataan dan pemindahan tersebut
-jawab
Permasalahan yang akan di hadapi jika tidak di lakukan pemindahan atau penataan ini yang pertama yaitu masyarakat yg selalu sembarangan membuang sampah jajanan  di sekitar tempat tersebut dan berserakan di sekitar rel.
Permasalahan yang kedua adalah jika pengunjung terlalu padat dan memarkir kendaraannya secara sembarangan maka akan terjadi kemacetan di sekitar tempat tersebut
-Penyelesainnya
Dengan di pindah dan di tata lebih rapi dan di sediakan tempat pembuangan sampah
Dan untuk parkir kendaraan motor dapat di satukan dengan parkiran yang berada di satsiun lempuyangan. Maka dengan ini semua di harapkan masyarakat sekitar dapat mengunjungi tempat tersebut dengan aman dan damai.























Daftar Pustaka

·         Wijoyono, Elanto. 2007. MenerkaWajahBaru Kota Budaya.WordPress.

·         Adrisijanti, Inajati. 2007. Kota Yogyakarta sebagaiKawasanPusaka; Budaya, Potensi, danPermasalahannya.

·         Rachmawati, Rini. 2009. Dasar-dasar Tata Ruang
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Revitalisasi Kawasan