KENALKAH JENIS KONSERVASI ?

Selasa, 03 Juli 2012

Soal – Jawab Dari Tugas Revitalisasi Windhy Ayu Prasetya


  Windhy ayu prasetya
                                                                              114060012 
  Kelas A

            Suatu kawasan yang tadinya memiliki fasilitas tinggi kemudian mengalami kemunduran akibat berbagai sarana dan prasarana yang ada sudah menjadi tua dan tidak memadai lagi.
Apakah perlu kita revitalisasi kembali?
Jawab :
Sangat perlu direvitalisasi kembali, karena tujuan dari revitalisasi adalah untuk memperbaiki fungsi dari sarana dan prasarana yang ada dan dapat memfungsikannya kembali agar tidak terbengkalai dan using begitu saja.

Soal – Jawab Dari Tugas Revitalisasi
Soal
     1. Tanjung Pilawang adalah salah satu tanjung di kecamatan Tobelo, Halmahera Utara, Maluku Utara. Di Tanjung Pilawang banyak sekali terdapat potensi-potensi yang dapat dimanfaatkan sebagai tempat wisata sampai olah raga air. Namun akhir-akhir ini mengalami kemunduran akibat dari banyak factor, antara lain kurangnya kesadaran masyarakat untuk menjaga kelestarian Tanjung Pilawang dan kurangnya masyarakat menjaga sarana dan prasarana yang ada disana. Dari mencoret-coret, membuang sampah sembarangan dan lain sebagainya. Dengan keadaan demikian, bagaimana upaya kita untuk merevitalisasi Tanjung Pilawang?
      2. Pulau Serangan Bali terkenal dengan keindahan pantainya dan terkenal dengan pura nya, yaitu pura Sakenan. Dimana umat Hindu di Bali, setiap ada hari tertentu bersembahyang di pura tersebut. Dahulu di tahun 90’an akses jalan menuju pulau tersebut sangat sulit atau susah, kita harus menyebrang selat sempit dengan menggunakan sampan. Namun sekarang kita dapat menyebrangi dengan motor/mobil, karena telah dibangunnya jembatan penghubung pulau Bali dan pulau Serangan. Proyek pembangunan tersebut di pulau Serangan akan dibangun juga hotel-hotel mewah dengan fasilitas mewah, tetapi sempat terhenti hingga sekarang dan terbengkalai. Menurut anda, revitalisasi apalagi yang perlu kita lanjutkan setelah jembatan penghubung antara pulau Bali dan pulau Serangan?, dan apa tujuan dari revitalisasi tersebut?
     3.   Dalam merevitalisasi kawasan-kawasan seperti Tanjung Pilawang atau Pulau Serangan, tentu banyak sekali kendala-kendala yang ada. Kendala-kendala apa sajakah itu dan bagaimana cara menanganinya agar semua berjalan dengan lancar?
Jawab
1.  Tanjung Pilawang yang mengalami kemunduran akibat ulah masyarakat, harus dan perlu di revitalisasi kembali, dengan cara:
       Memperbaiki kembali sarana dan prasarana yang ada disana
      Membuatkan tempat-tempat sampah disetiap sudut atau setiap beberapa ratus meter dari tempat sampah yang satu dengan tempat sampah yang lain.
     Membuat pondok-pondok peristirahatan ditempat-tempat wisata, agar banyak wisatawan yang bermalam disana.
     Jalan-jalan yang menuju kesetiap tempat wisata yang ada di Tanjung Pilawang diperlebar dan diperbaiki, agar akses jalan yang menuju kesana mudah dan cepat.Dengan dibangunnya beberapa sarana dan prasarana yang ada dan di revitalisasinya Tanjung Pilawang, dapat bertujuan mengembangkan pariwisata yang ada disana.
     2. Menurut saya, revitalisasi yang perlu dilakukan lagi untuk melanjutkan proyek yang sempat terhenti adalah: dengan konsep ekolingkungan. Dengan cara konsep ekolingkungan tentu tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak. Apabila kita harus membangun hotel-hotel mewah, itu perlu biaya yang sangat mahal.
Sistem dengan konsep ekolingkungan, tentu akan ramah lingkungan dengan bahan-bahan bangunan yang terbuat dari alam. Rumah-rumah penduduk yang berkonsep ekolingkungan akan disewakan untuk turis-turis lokal atau turis-turis luar. Karena para turis akan lebih menyukai bangunan berasal dari bahan-bahan alam. Jalur-jalur yang menuju akses pariwisata juga perlu diperbaiki, agar mudah menuju tempat-tempat wisata tersebut.

Tujuan dari revitalisasi berkelanjutan ini adalah:
Kita dapat mensejahterakan pendapatan penduduk lokal. Dengan adanya konsep-konsep yang ada dan bagi para wisatawan pun tidak perlu lagi bolak-balik dari Pulau Bali ke Pulau Serangan hanya untuk berwisata, tetapi mereka bisa menginap disana.
3. Dalam merevitalisasi, banyak sekali kendala-kendala yang ada, seperti lokasi yang cukup jauh atau jalannya masih rusak, bahkan preman-preman maupun penduduk yang pro dan kontra.
Dan cara menanganinya tidak mudah, kita perlu pendekatan terhadap masyarakat disana, kita ajak berbincang-bincang tentang revitalisasi yang akan dijalankan. Kita iming-imingkan sesuatu yang menarik dengan keuntungan dari revitalisasi yang akan dilaksanakan, dengan demikian tentu masyarakat akan tergiur dan mau menyetujui rencana tersebut atau bahkan masyarakat dapat membantu dalam revitalisasi yang akan dijalankan.        

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Revitalisasi Kawasan