KENALKAH JENIS KONSERVASI ?

Minggu, 05 Juni 2016

REVITALISASI KAWASAN BEKAS PABRIK KERTAS, BLABAK, MUNgKID, KABUPATEN MAGELANG, JAWA TENGAH


Damar Adi Pamungkas (114130020)

Kecamatan Mungkid berada di Wilayah Kabupaten Magelang Provinsi Jawa Tengah dengan  mempunyai luas wilayah Kurang lebih 3.741.51 Ha. Kecamatan Mungkid secara administrasi berbatasan dengan Kecamatan Muntilan, Kecamatan Sawangan, Kecamatan Mertoyudan, dan Kecamatan Borobudur.
            Kecamatan  Mungkid, Kabupaten Magelang  merupakan kawasan yang  strategis  yang dapat  dilihat  dari letaknya yaitu di antara jalur Magelang-Yogyakarta sehingga memudahkan aksesibilitas dan juga dapat mendorong perkembangan ekonomi Kabupaten Magelang. Berdasarkan Tata Ruang Kabupaten Magelang, Kecamatan Mungkid sebagai peruntukan kawasan Pengembangan Mertomundur (Mertoyudan, Mungkid, Borobudur) dengan fungsi utama yaitu sebagai pusat pemerintahan kabupaten , pengembangan perdagangan, pertanianan dan aktifitas penunjang pariwisata.
Pabrik kertas Blabak merupakan objek yang akan direvitalisasi yang ada di Kecamatan Mungkid. Pabrik ini didirikan oleh Bank Industri Negara pada tanggal 17 Mei 1955 diatas tanah seluas + 13 Ha. Pada awalnya merupakan Perusahaan Negara (PN),  dan kemudian menjadi Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Sejak tahun 1993 sebanyak 90 % sahamnya dibeli oleh PT. Kertas Basuki Rachmat  dan 10 % saham dimiliki oleh Negara Republik Indonesia, menjadikan PT. Kertas Blabak perusahaan swasta nasional. Pada awal tahun 2010, kepemilikan saham dibeli oleh PT. Satya Mitra Mandiri, sebelum perusahaan dinyatakan Pailit oleh Pengadilan Negeri/Niaga Semarang pada bulan Nopember 2010.
            Kondisi bangunan pabrik kertas pada saat ini masih cukup bagus, akan tetapi kawasan pabrik ini sangat berpotensi menjadi kawasan mati karena tidak ada pengelolaan yang dilakukan. Revitalisasi merupakan upaya yang dilakukan untuk memvitalkan kawasan yang sebelumnya merupakan kawasan mati untuk ditingkatkan fungsinya menjadi kawasan yang hidup. Tujuan revitalisasi adalah untuk meningkatkan kondisi ekonomi, sosial, fisik, dan lingkungan. Kawasan bekas pabrik akan lebih bernilai ketika dilakukan suatu usaha revitalisasi.
            Potensi yang ada di kawasan bekas pabrik kertas blabak di antaranya dapat dilihat dari segi luas kawasan pabrik yaitu sekitar + 13 ha. Akses menuju kawasan ini sangat mudah karena berada di dekat jalan utama Yogyakarta-Magelang. Ketersediaan air di kawasan ini dapat dipenuhi dari sumber air yang ada di sebelah utara yaitu di Kecamatan Sawangan dengan ketinggian tempat lebih tinggi dari kawasan ini.
Rencana revitalisasi kawasan yang akan dilakukan adalah dengan mengubah konstruksi gedung (rekonstruksi) dan menjadikan kawasan tersebut salah satu pusat olah raga (sport center) di Kabupaten Magelang. Latar belakang ide ini muncul karena Kabupaten Magelang pada saat ini belum memiliki sport center atau gedung olah raga yang memenuhi standard sehingga perlu dibangunnya fasilitas penunjang olah raga. Konsep yang digunakan adalah Green Architecture. Green architecture menjadi suatu mode yang saat ini popular di negara-negara maju. Prinsip-prinsip green architecture adalah :
1.    Hemat energy. Pengoperasian bangunan harus meminimalkan penggunaan bahan bakar atau energy listrik.
2.    Memperhatikan penggunaan sumberdaya (sumberdaya lahan, sumberdaya air dan lainnya).
3.    Pemanfaatan ruang sebagai lahan hijau.
Bangunan atau gedung dimodifikasi sedemikian rupa sehingga bagian luar ruangnya dapat menjadi kawasan hijau guna memperbaiki iklim mikro di sekitar wilayah ini seperti yang telah dilakukan di California. Green Science Museum Redesign, California karya Renzo Piano, Penghijauan atap selain menurunkan kosentrasi CO2 di udara, kawasan hijau dan atap hijau merupakan langkah menurunkan suhu udara saat musim panas, mengurangi konsumsi energi mesin pendingin bangunan (Tri : 107).
Kebutuhan akan energi dari sport center ini dipenuhi dengan adanya panel surya pada spot spot yang telah ditetapkan. Air bersih untuk menunjang segala kegiatan pada sport center ini dicukupi dengan memanfaatkan beberapa mata air yang berada di Kecamatan Sawangan (sebelah timur laut dari daerah ini). Air dapat didistribusikan dengan sistem gravitasi. Sistem gravitasi merupakan sistem distribusi air tanpa menggunakan pompa. Air dialirkan dengan menggunakan pipa menuju tempat dengan ketinggian tempat yang lebih rendah. Sistem distribusi ini cukup sesuai dengan konsep green architecture karena menekan penggunaan energi untuk distribusi air.
Sport center ini dibangun supaya dapat meningkatkan potensi masyarakat dan meningkatkan pendapatan daerah. Desain seluruh bangunan sport center ini menggunakan konsep green architecture. Rencana penggunaan ruang pada area ini adalah sebagai berikut:
Gambar 1. Pola Penggunaan Lahan Bekas Pabrik Kertas sebagai Sport Center
Area 1 merupakan food court atau pusat makanan yang ada di area sport center. Penempatan food court pada bagian depan atau muka bertujuan untuk menarik perhatian pengguna jalan Magelang-Yogyakarta yang melewati area ini. Penjual makanan yang ada melibatkan peran serta dari masyarakat itu sendiri. Food court ini menjadi area yang disediakan bagi pedagang kaki lima di sekitar mungkid. Makanan yang disajikan merupakan makanan khas di daerah ini seperti Kupat Tahu Blabak, Mangut Beong, Sop Senerek, Sego Godhog, dan Sayur Lesah.
            Area 2 dan area 3 merupakan tempat parkir bagi pengunjung. Area 2 merupakan tempat perkir motor sedangkan area 3 adalah tempat parkir mobil. Tempat parkir mobil dan motor dibuat berbeda dengan tujuan menambah nilai estetika dan mempermudah akses ketika suatu saat terjadi bencana seperti gempabumi.
            Area 4 merupakan sport area 1 dimana area ini terdapat gedung bagi olah raga bulutangkis. Pada kondisi tertentu sport area 1 dapat dijadikan sebagai lapangan bola voli atau lapangan bola basket. Terdapat tribun bagi penonton pada bagian tenggara dan barat laut pada gedung ini.
            Area 5 merupakan sport area 2 yang merupakan kolam renang. Kolam renang dibuat tertutup (in door) dengan atap dari bangunan hijau dengan diberikan panel surya. Panel surya digunakan untuk mengurangi konsumsi energi yang dihasilkan dari bahan bakar fosil. Listrik yang dihasilkan digunakan untuk memenuhi kebutuhan energi di sekitar lokasi. Konsep ini merupakan salah satu dari parameter arsitektur hijau. Hemat energi sebagai bagian penting dalam usaha merancang arsitekrut hijau lebih merujuk pada penghematan energi yang tidak terbarukan. Dengan menggunakan panel surya ini maka penghematan dapat dilakukan dengan menekan penggunaan listrik yang bersumber dari energi fosil (Tri : 108)
            Area 6 merupakan fountain jet yaitu air mancur yang menambah estetika dari Sport Area Blabak. Terdapat patung dan air mancur di tengah tengan area ini yang menjadi ciri khas Kabupaten Magelang. Patung yang ada merupakan hasil karya seniman-seniman yang ada di Kecamatan Muntilan yaitu kecamatan yang ada di timur laut Kecamatan Mungkid ini.
            Area 7 merupakan sport area 3 yang digunakan sebagai lapangan sepak bola. Pintu masuk menuju stadion berada di sebelah tenggara, barat daya, dan barat laut. Sekeliling area lapangan sepak bola dapat dimanfaatkan untuk olah raga lari (running). Area 8 adalah sport area 4 (SA 4) yang digunakan untuk olah raga beladiri seperti silat, karate, taekwondo, dan lainnya. Area 9 merupakan sport area 5 (SA 5) yang merupakan lapangan futsal. Area 9 merupakan sport area 6 (SA 6) yang dipergunakan untuk panjat tebing. Bangunan dibuat paling tinggi.
            Lahan di luar 10 area yang telah ditentukan akan dijadikan sebagai taman dan ruang terbuka hijau. Ruang terbuka menurut Plato merupakan wadah yang menampung aktivitas manusia dalam suatu lingkungan yang tidak mempunyai penutup dalam bentuk fisik dan tidak dapat dipisahkan dari manusia baik secara psikologis, emosional ataupun dimensional (Mulyandari, 2011).


Daftar Pustaka
Karyon, Tri Harso. 2014. Green Architecture: Pengantar Pemahaman Arsitektur Hijau di Indonesia. Jakarta: Rajawali Pers.

Mulyandari, Hestin. 2011. Pengantar Arsitektur Kota. Penerbit Andi : Yogyakarta

3 komentar:

  1. Salam...
    Kalau beleh tahu ex pabrik kertas blabak ini apa laku semua mesin & besi scrubnya...?

    BalasHapus
  2. Laku..apa benar pt.blabak ini pailit..karena ada info masuk ke sy mau di jual sistim borong

    BalasHapus
  3. Mau minta masukan..gan..apa benar pabrik babak dikuasakan oleh PT.Bhina Migas,Rembang..tolong pencegahannya..gan..tq

    BalasHapus

Revitalisasi Kawasan