KENALKAH JENIS KONSERVASI ?

Minggu, 17 November 2019

REVITALISASI KOTA SAWAHLUNTO PADA KAWASAN PERTAMBANGAN BATUBARA MENJADI CAGAR BUDAYA


Ilham Akbar Bomin (114140164)
Jimmy Agustinu Halim (114130196)
Shafira Fitriyani (114160018)
Mochammad Adjie Brammastya (114160021)
Novia Gusfani (114160032)
Muhammad Rusli (114160040)
Krisna Ryandi (114160054)

PENDAHULUAN

Latar Belakang
Kota Sawahlunto merupakan kota dengan sejarah pertambangan batubara tertua di Indonesia. Kota ini berkembang dengan perekonomian utama bertumpu pada tambang batubara.
Produksi batubara dari tahun ke tahun semakin menurun serta cadangan sumber daya alam yang tidak terbarukan, sehingga terjadi kekhawatiran sosial berkaitan dengan aspek ekonomi.
Perencanaan revitalisasi Kota Sawahlunto harus dilaksanakan guna berjalannya aktifitas ekonomi, sosial serta budaya. Gagasan perencanaan revitalisasi mengembangkan konsep kawasan wisata berwawasan budaya dengan kearifan lokal yang ada.

PENDAHULUAN
Rumusan Masalah
1. Bagaimana bentuk revitalisasi Kota Sawahlunto?
2. Bagaimana tahapan dari revitalisasi Kota Sawahlunto?

Tujuan
1. Mengetahui bentuk revitalisasi Kota Sawahlunto.
2. Mengetahui tahapan dari revitalisasi Kota Sawahlunto.

Rona Lingkungan Kota Sawahlunto


PEMBAHASAN
Rona Lingkungan Kota Sawahlunto
-Geografis dan Administratif
Kota Sawahlunto adalah salah satu kota di provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Kota yang terletak 95 km sebelah timur laut Kota Padang ini, dikelilingi oleh 3 Kabupaten di Sumatra Barat, yaitu Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Solok, dan Kabupaten Sinjunjung. Kota Sawahlunto memiliki luas 273,45 km² yang terdiri dari 4 kecamatan dengan jumlah penduduk lebih dari 54.000 jiwa.



Sawahlunto & Degradasi Tambang Batu Bara 



PEMBAHASAN
Rona Lingkungan Kota Sawahlunto
-Sarana dan Prasarana
Sarana perhubungan berupa jaringan jalan raya untuk menunjang kelancaran usaha investasi di Kota Sawahlunto adalah sebagai berikut: jalan negara sepanjang 8,15 km dengan kondisi baik dan permukaan diaspal, jalan kota sepanjang 234,11 km dengan kondisi baik dan pada umumnya permukaan diaspal dan menjadi akses ke daerah lain serta keterdapatan angkutan umum. Prasarana yang ada masih kurang  serta terdapat masalah kekurangan air bersih.

Bentuk Revitalisasi Kota Sawahlunto



PEMBAHASAN
Bentuk Revitalisasi Kota Sawahlunto
Bentuk atau desain revitalisasi Kota Sawahlunto mengarah pada konsep kawasan cagar budaya, dikarenakan keterdapatan  bangunan bersejarah yang banyak tersebar di Kota Sawahlunto, dalam perencanaannya Kota Sawahlunto akan menjadi Kawasan Cagar Budaya sekaligus menjadi Kawasan Wisata serta Pendidikan Sejarah Dunia.

Bangunan Tua Sawahlunto 


PEMBAHASAN
Sampai pada 2011 kerjasama BP3 Batusangkar dengan Pemerintah Kota Sawahlunto telah menginventaris 74 Cagar Budaya. Langkah revitalisasi terhadap Kawasan Kota Lama Sawahlunto tersebut mulai dilakukan pada 2004 sampai dengan 2013. Berupa pengambilan keputusan terkait kajian pelestarian, perlindungan dan pelestarian bangunan di Kawasan Kota Lama Sawahlunto. Baik aspek hukum maupun teknis pelestariannya, sehingga saat ini menjadikan kawasan wisata berwawasan budaya sejarah serta kearifan lokal.
Terima Kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Revitalisasi Kawasan