KENALKAH JENIS KONSERVASI ?

Selasa, 24 Februari 2015

PETUJUK PENGGUNAAN BAHAN AJAR




Petunjuk bahan ajar mata kuliah Penataan dan Revitalisasi Kawasan memberi gambaran menyeluruh tentang sistematika isi bahan ajar. Petunjuk bahan ajar ini wajib dibaca mahasiswa yang mengambil mata kuliah Penataan dan Revitalisasi Kawasan.
Bahan ajar ini membekali materi kuliah dan diharapkan telah dipelajari terlebih dahulu oleh setiap mahasiswa sebelum kuliah berlangsung. Mahasiswa diharapkan mempelajari dengan seksama isi materi dalam setiap pokok bahasan maupun sub pokok bahasan.
Mahasiswa diharapkan mampu mengemukan tentang arti pentingnya kuliah Penataan dan Revitalisasi Kawasan; motivasi tertariknya untuk mempelajari bahan ajar; mengerti dan memahami bahwa penataan kawasan dan revitalisasi kawasan adalah dua kegiatan yang berbeda dalam membenahi kawasan. Bahan ajar ini melengkapi jawaban sementara mahasiswa dalam mengerti dan pemahaman arti penting bahan ajar, serta dilengkapi dengan konsep dasar, strategi dan beberapa model Penataan dan Revitalisasi Kawasan.
Penyusunan bahan ajar yang sistematis, emanrik untuk dilakukan diskusi aktif disertai contoh keberhasilan atau kegagalan kegiatan Penataan dan Revitalisasi Kawasan, diharapkan dapat memotivasi giat belajar penguasaan materi, sehingga dapat mengimplementasikannya pada suatu rencana kegiatan atau program. Bahan ajar ini bukan satu-satunya acuan mahasiswa dalam mengikuti kuliah. Diharapkan mahasiswa aktif mencari dan menimba ilmu serta pengalaman dengan membaca referensi yang relevan dan pengalaman keberhasilan kegiatan.
Dalam rangka untuk lebih mendalami isi mata kuliah Penataan dan Revitalisasi Kawasan, diharapkan setiap mahasiswa secara mandiri dan berkelompok belajar dan mengerjakan tugas di luar jam kuliah.







TINJAUAN MATA KULIAH


Mata kuliah Penataan dan Revitalisasi Kawasan membahas tentang pentingnya serta pengertian tentang penataan kawasan dan revitalisasi kawasan. Mata kuliah Penataan dan Revitalisasi Kawasan penting diberikan kepada mahasiswa Teknik Lingkungan agar mahasiswa memahami visi dan misi dan strategi serta program pembangunan konservasi kawasan, terutama dalam era desentralisasi dan bagaimana penyesuaiannya dalam pelaksanaan otonomi daerah.
Kesiapan mahasiswa dalam tahapan stabilisasi Pembangunan ekonomi lokal daerah yang sesuai pada Penataan dan Revitalisasi Kawasan, baik di kawasan urban maupun rural, kawasan pulau, kawasan pesisir, kawasan bekas pertambangan dapat ditangani mahasiswa kelulusan Teknik Lingkungan kelak secara trampil berbekal pengetahuan dengan strategi dan kondisi setempat (sesuai dengan kebutuhan) yang didukung dengan upaya peningkatan kuantitas dan kualitas pelayanan sarana dan prasarana, pengembangan aksesibilitas kawasan; peningkatan integrasi sistem sarana, prasarana dan utilitas yang ada pada kawasan, serta adanya saling pemberdayaan komunitas dan kelembagaan lokal.
Setelah mempelajari mata kuliah ini, diharapkan mahasiswa mampu membuat dan mengembangkan konsep, strategi disertai model kegiatan Penataan dan Revitalisasi Kawasan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Revitalisasi Kawasan