KENALKAH JENIS KONSERVASI ?

Jumat, 27 Februari 2015

Tujuan Instruksional Umum

Mata kuliah Penataan dan Revitalisasi Kawasan penting diberikan kepada mahasiswa Teknik Lingkungan agar mahasiswa memahami visi dan misi dan strategi serta program pembangunan konservasi kawasan, terutama dalam era desentralisasi dan bagaimana penyesuaiannya dalam pelaksanaan otonomi daerah.
Kebijakan Penataan dan Revitalisasi Kawasan dalam rangka pengembangan ekonomi lokal yang diarahkan untuk mewujudkan keseimbangan dan kemandirian daerah sehingga dapat diwujudkan pembangunan yang berkelanjutan (Sustainability).
Melalui materi Penataan dan Revitalisasi Kawasan, mahasiswa berbekal pengetahuan dalam tahapan proses pengembangan konservasi kawasan, serta peranan dan manfaatnya dalam pembangunan kawasan secara keseluruhan. Hal yang berkaitan dengan perencanaan aktivitas ekonomi di lingkungan kawasan bersama masyarakat, mencapai kompromi, kearifan lokal dan keadilan dalam pemanfaatan ruang publik. Materi pengembangan ekonomi lokal dalam kuliah Penataan dan Revitalisasi Kawasan diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam mengidentifikasi aktivitas ekonomi, prasarana pendukung pengembangan ekonomi lokal, serta pengembangan keberlangsungan ekonomi, bentuk-bentuk pembiayaan dana keragaman usaha. Strategi Penataan dan Revitalisasi Kawasan untuk mendorong pertumbuhan dan stabilitas ekonomi lokal yang terintegrasi dengan ekosistem kawasan. Mewujudkan integrasi kawasan, mempertahankan dan melestarikan aset warisan budaya, serta strategi perkuatan kelembagaan atau institusi dan peningkatan kemampuan sumber daya manusia (SDM).
Dalam hubungannya dengan pengelolaan lingkungan kawasan tertata sinergis dengan adanya bangunan bersejarah, dibahas hal-hal untuk menumbuhkan kesadaran aset warisan budaya (lingkungan budaya), menghidupkan kembali aktivitas sosial, ekonomi, dan budaya yang pernah ada; pelibatan dunia usaha dalam pengelolaan kawasan, serta pengembangan badan pengelola kawasan. Peranserta dunia usaha dalam Penataan dan Revitalisasi Kawasan disampaikan dalam upaya untuk meningkatkan minat dunia usaha sebagai pengelola kawasan, investasi swasta, serta teknik lingkungan dalam mewujudkan kesalingtergantungan yang sinergis berbagai kelompok usaha pada Penataan dan Revitalisasi Kawasan.

      Deskripsi Singkat

Penataan dan Revitalisasi Kawasan adalah rangkaian upaya menghidupkan kembali kawasan yang cenderung mati, meningkatkan nilai-nilai vitalitas yang strategis dan siginifikan dari kawasan yang masih mempunyai potensi serta pengendalian lingkungan kawasan. Penataan dan Revitalisasi Kawasan dilakukan melalui pengembangan kawasan tertentu yang layak untuk direvitalisasi baik dari segi setting (bangunan dan ruang kawasan), kualitas lingkungan, sarana, prasarana dan utilitas kawasan, sosio-kultural, sosio-ekonomi dan sosio-politik.

Kesiapan mahasiswa dalam tahapan stabilisasi Pembangunan ekonomi lokal daerah yang sesuai pada Penataan dan Revitalisasi Kawasan, baik di kota maupun kabupaten, pulau, pesisir, pertambangan dapat ditangani mahasiswa kelulusan kelak secara trampil berbekal pengetahuan dengan strategi dan kondisi setempat (sesuai dengan kebutuhan) yang didukung dengan upaya peningkatan kuantitas dan kualitas pelayanan sarana dan prasarana, pengembangan aksesibilitas kawasan; peningkatan integrasi sistem sarana, prasarana dan utilitas yang ada pada kawasan, serta saling pemberdayaan komunitas dan kelembagaan lokal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Revitalisasi Kawasan