KENALKAH JENIS KONSERVASI ?

Selasa, 24 Februari 2015

PENYUSUNAN MATERI PEMBELAJARAN MATA KULIAH “PENATAAN DAN REVITALISASI KAWASAN”




I.       PENDAHULUAN

1.      Latar Belakang
Mata kuliah Penataan dan Revitalisasi Kawasan penting diberikan kepada mahasiswa Teknik Lingkungan agar mahasiswa memahami visi dan misi dan strategi serta program pembangunan konservasi kawasan bekas pertambangan, kawasan urban dan rural, terutama dalam era desentralisasi dan bagaimana penyesuaiannya dalam pelaksanaan otonomi daerah.
Penataan dan Revitalisasi Kawasan adalah rangkaian upaya menghidupkan kembali kawasan yang cenderung mati, meningkatkan nilai-nilai vitalitas yang strategis dan siginifikan dari kawasan yang masih mempunyai potensi serta pengendalian lingkungan kawasan. Penataan dan Revitalisasi Kawasan dilakukan melalui pengembangan kawasan tertentu yang layak untuk direvitalisasi baik dari segi setting (bangunan dan ruang kawasan), kualitas lingkungan, sarana, prasarana dan utilitas kawasan, sosio-kultural, sosio-ekonomi dan sosio-politik.
Kesiapan mahasiswa dalam tahapan stabilisasi Pembangunan ekonomi lokal daerah yang sesuai pada Penataan dan Revitalisasi Kawasan, baik di kawasanbekas pertambangan, kawasan pulau, kawasan pesisir, kawasan bekas pertambangan dapat ditangani mahasiswa kelulusan kelak secara trampil berbekal pengetahuan dengan strategi dan kondisi setempat (sesuai dengan kebutuhan) yang didukung dengan upaya peningkatan kuantitas dan kualitas pelayanan sarana dan prasarana, pengembangan aksesibilitas kawasan; peningkatan integrasi sistem sarana, prasarana dan utilitas yang ada pada kawasan, serta saling pemberdayaan komunitas dan kelembagaan lokal.

2.      Maksud dan Tujuan Penyusunan Materi Pembelajaran
a.      Maksud
Penyusunan materi pembelajaran Penataan dan Revitalisasi Kawasan dibuat untuk meningkatkan cara pembelajaran mahasiswa secara aktif dan inovatif.

b.      Tujuan Penyusunan Materi Pembelajaran
1)      Meningkatnya pemahaman mahasiswa terhadap kuliah Penataan dan Revitalisasi Kawasan
2)      Meningkatnya efisiensi dan efektivitas pengajaran Penataan dan Revitalisasi Kawasan
3)      Meningkatkan kesiapan mahasiswa dalam menghadapi kuliah Penataan dan Revitalisasi Kawasan
4)      Meningkatnya  cara belajar mahasiswa secara aktif dalam pengajaran Penataan dan Revitalisasi Kawasan
5)      Meningkatnya kemampuan mahasiswa dalam mengimplementasikan tugas maupun kegiatan Penataan dan Revitalisasi Kawasan secara nyata dapat diterapkan.


II.    RANCANGAN MATERI PEMBELAJARAN
1.      Deskripsi Matakuliah
Kuliah ini membahas materi Penataan dan Revitalisasi Kawasan dalam tahapan proses rencana penataan atau revitalisasi kawasan dan pengembangan konsep konservasi kawasan, peranan dan manfaatnya dalam pembangunan kawasan secara keseluruhan. Materi ini dilengkapi dengan berbagai konsep dan beberapa strategi serta model pendekatan revitalisasi, dengan perencanaan aktivitas ekonomi di lingkungan kawasan bersama masyarakat dalam mencapai kompromi, kearifan lokal dan keadilan dalam pemanfaatan ruang publik.
2.      Rancangan Proses Pembelajaran
a.     Pendahuluan
b.     Pengertian  Penataan dan Revitalisasi Kawasan
c.     Isu-Isu Penataan dan Revitalisasi Kawasan
d.      Revitalisasi Sebagai Potensi Pengembangan Ekonomi Lokal
e.       Keikutsertaan Masyarakat dan Swasta
f.     Pendekatan, Konsep Penataan dan Revitalisasi Kawasan
g.      Strategi, Model Penataan dan Revitalisasi Kawasan

3.      Sistematika Bahan Ajar
Tatap Muka       : kuliah aktif, presentasi, diskusi, tanya jawab.
Non tatap muka : tugas mandiri, survai lapangan dengan terkoordinir kelas.
a.       Dilakukan dengan tatap muka dan disampaikan kuliah di dalam ruang, dengan menggunakan http://revitalisasikawasan-upn.blogspot.com
b.      Mahasiswa diajak aktif presentasi dan berdiskusi tanya jawab.
c.       Mahasiswa diberi tugas secara mandiri.
d.      Kesempatan konsultasi tugas mandiri diberikan sejak awal semester
e.       Mahasiswa diberi contoh Penataan dan Revitalisasi Kawasan dengan tayangan foto, video atau “Sample kit”
f.       Soal Jawab Sendiri tugas secara berkelompok, didiskusikan untuk penilaian keaktifan termasuk moderator dan penanya.

4.        METODE PEMBELAJARAN
a.       Bisa Menulis, Ilmiah
b.      Bisa menjual, proposal
c.       Membangun Ketrampilan belajar (Learning skill)
d.      Kemampuan menyelesaikan masalah (problem solving)
e.       Soft skill, leadership, kemampuan komunikasi dan bekerja-sama
f.       Kemampuan menjadi pembelajar mandiri dan independen (Self learning)
g.      Student centered, menjadi self directed learnes


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Revitalisasi Kawasan