KENALKAH JENIS KONSERVASI ?

Selasa, 18 Desember 2012

REVITALISASI PASAR PIYUNGAN LAMA



GALANT PURUHITA
114080076
KELAS : A

REVITALISASI PASAR PIYUNGAN LAMA
Gempa 27 Mei 2006 telah menghancurkan pasar Piyungan Bantul. Pasar Piyungan berada sangat strategis karena merupakan kawasan perlintasan ekonomi yakni sebagai pintu gerbang menuju kota Yogyakarta dari arah Wonosari Gunungkidul dan Solo Jawa Tengah.
Gempa berkekuatan 5,9 SR tersebut telah menghancurkan semua bangunan dan barang dagangan milik para pedagang pasar. kerugian yang diakibatkan mencapai milliaran rupiah.
Sebagai bentuk kepedulian dan tanggungjawab dari pemerintah, kemudian dibangunkan pasar baru yang berlokasi 300 meter dari pasar lama, persisnya di sebelah barat pasar lama. Pasar baru tersebut dibangun atas dana dari APBN dengan luas 1 hektar lebih..
Pasar piyungan lama pada saat ini kondisinya hanya sebuah tanah lapang kosong dengan bekas puing puing sisa gempa bumi seperti bekas tembok tembok yang runtuh dan udah mulai ditumbuhi rumput rumput liar yang ada disekitarnya. Pasar piyungan lama ini letaknya sangat strategis karena berada di pertigaan antara menuju jalan solo prambanan ke gunung kidul dan dari Yogyakarta ke gunung kidul. Ini merupakan jalur utama pariwisata maupun perekonomian.
Rencana revitalisasi pasar piyungan lama ini akan saya buat menjadi sebuah taman belajar dimana disana terdapat fasilitas ruang indoor dan outdor . Ruang indoor nantinya akan dibuat sebuah ruang pengetahuan dengan alat alat peraga dengan teori teori fisika,kimia,biologi dan penemuan modern lainya, seperti yang sudah ada yaitu ditaman pintar Yogyakarta.
Taman ini dibangun bertujuan untuk menarik para pengunjung yang berada disekitar piyungan yang mayoritas berada dipedesaan untuk bias menikmati sekaligus mengetahui berbagai macam ilmu pengetahuan yang ada ditaman tersebut, sehingga tidak perlu pergi ketaman pintar yang jaraknya lumayan jauh dari piyungan.
Untuk taman outdoor akan dibuat taman bermain dan panggung hiburan rakyat. Taman bermain akan dilengkapi alat alat mainan seperti ayunan,sepedaan,becak becakan,dan masih banyak lainya yang bertujuan menarik para pengunjung untuk mengunjungi taman tersebut.
Taman tersebut akan ditanami tumbuhan pepohonan,rerumputan,dan dibuat kolam ikan. Serta tempat duduk untuk para pengunjung yang sedang beristirahat ditaman tersebut sambil minikmati rindangnya pepohonan dan menikmati panggung hiburan.
Panggung hiburan bermaksud untuk menampilkan pertunjukan pentas seni seperti campur sari,wayang,ketoprak dan lain sebagainya. Dan sudah dijadwalkan untuk pertunjukannya.
Sehinggga taman tersebut semakin menjadi daya tarik masyarakat yang ada di sekitar piyungan supaya warga disekitar tidak perlu jauh jauh ke pusat kota untuk menikmati hiburan. Ditaman tersebut juga akan dibangun kios kios kecil untuk para pedagang baik para pedagang makanan maupun pedagang asesoris barang barang kerajinan dari daerah tersebut atau barang kerajinan khas Jogjakarta.
Untuk moda transportasi dari arah timur menuju tempat tersebut rencananya akan menambah jalur trans jogja yang saat ini hanya sampai diprambanan. Sehingga setelah diprambanan bus trans jogja akan  melanjutkan perjalanan melewati jalan prambanan-piyungan yang dimana jalan tersebut terdapat candi ratu boko yang saat ini sepi pengunjung karena transportasi umum untuk menuju candi boko sangat terbatas sehingga rencana ini juga bisa menghidupkan kembali pariwisata yang ada di candi ratu boko.
Setelah itu bus melewati jalan prambanan – piyungan hingga sampai di lokasi taman belajar piyungan , disepanjang jalan tersebut nantinya akan dibangun halte yang berada ditempat yang strategis untuk memudahkan para wisatawan yang akan menuju ke taman piyungan maupun ke candi boko, candi prambanan dan ke kidsfun.
Sedangkan dari arah barat moda transportasi yang disediakan yaitu juga bus transjogja yang melewati jalan jogja – wonosari, bus ini juga membantu para wisatawan dari arah barat untuk menuju ke taman piyungan maupun ke kidsfun, ke candi boko , dan ke candi prambanan.
Rencana pembangunan ini juga bertujuan untuk memudahkan para wisatawan untuk mengunjungi tempat tempat wisata yang ada di timur kota Yogyakarta seperti candi prambanan, candi boko,kidsfun dan taman piyungan tersebut. Sehingga transportsi yang ada bisa sekaligus melewati beberapa tempat rekreasi yang telah ada.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Revitalisasi Kawasan