KENALKAH JENIS KONSERVASI ?

Minggu, 05 Juni 2016

JAWABAN SOAL UTS PENATAAN DAN REVITALISASI KAWASAN 1

REVITALISASI KAWASAN TAMBANG BREKSI
Kemala Oktaviani Yohan
NIM 114130036

            Konsep yang akan saya buat untuk merevitalisasi kawasan ini adalah konsep GEOHERITAGE EDUPARK, yaitu integrasi antara kekayaan geologi tambang breksi dari hasil endapan gunungapi purba dan taman edukasi wisata bagi masyarakat baik lokal maupun domestik. Kawasan ini akan saya buat dengan setting outdoor ditambah beberapa plataran pandang diatas tebing breksi untuk melihat panorama dataran Yogyakarta dari atas tebing breksi tersebut.
            Untuk pengembangannya, karena di lokasi yang telaha da sekarang sudah dibuat amphitheater terbuka maka akan ditambahkan dengan penanaman pohon-pohon rindang dan rumput-rumput di bawah tebing breksi tersebut agar lebih sejuk dan nyaman. Disisi bagian atas plataran akan ditambahkan bangunan yang berisi papan informasi interaktif dengan ilustrasi dan gambar bagi pengunjung mengenai sejarah kawasan ini, informasi geologi asal muasalnya terbentuk tebing ini dan kearifan lokal yang dimiliki masyarakat sehingga pengunjung nantinya tidak hanya akan berwisata menikmati keindahan alam tetapi juga menambah wawasan akan kekayaan alamnya.
            Saat ini restaurant yang mengusung konsep outdoor dan eagle view dari tempat yang tinggi 'disuguhi' panorama alam sedang digandrungi masyarakat, dengan tidak menganggu tebing breksi ini maka akan dibuat pula kantin makanan yang pengelolaannya diserahkan pada warga lokal agar warga dapat berpartisipasi dalam perkembangan ekonomi wisata ini. Warung atau kantin akan diletakan di samping plataran pandang dengan kursi serta meja kayu yang mobile (mudah dipindah) serta payung pelindung. Bagian atas tebing ini akan digunakan sepenuhnya untuk plataran pandang, kantin, dan papan edukasi informasi karena dipastikan akan banyak pengunjung yang naim keatas plataran dan menikmati panorama, sehingga papan informasi dan kantin akan sangat cocok untuk melengkapi pengalaman wisata pengunjung ditemani secangkir teh hangat atau kopi. Untuk antisipasi saat hujan turun, plataran diatas tebing breksi ini akan dilengkapi dengan atap transparan agar pada siang hari tetap terasa terbuka dan juga akan ditambahkan pathwalk (jalur jalan setapak) dyang akan disusun sedemikian rupa.
            Bagi pengunjung yang tidak kuat untuk naik ke atas tebing ini, dapat menunggu dibawah tebing breksi sambil bersantai, bagi anak-anak akan disediakan taman bermain, rest area bagi pengunjung berbentuk gazeboo serta kantin-kantin penjual makanan dan souvenir bagi wisatawan yang berkunjung. Bagian depan (area lapangan) di daerah tebing breksi akan dibuat bangunan sebagai akses masuk (ticketing), mushola, toilet, serta pusat informasi bagi wisatawan yang datang.

            Dikarenakan konsep ini merupakan konsep integrasi, tidak lupa saya akan menghubungkan wisata tebing breksi ini dengan candi ijo yang berada tidak jauh diatasnya. Candi ijo yang berlokasi di ketinggian menjadikan candi ini memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan, peninggalan sejarah dan suguhan panorama senja di dataran Yogya yang indah menjadi nilai tambah untuk dikembangkannya wisata ini. Karena kurangnya informasi dan pengembangan candi ijo tidak begitu ramai dikunjungi masyarakat, oleh karena itu integrasi akan dilakukan seperti di kawasan wisata candi prambanan dan ratu boko dengan menggunakan tiket terusan dan penyediaan shuttle bus bagi pengunjung. Sehingga, tidak hanya wisata tambang breksi saja yang akan berkembang tetapi juga wisata candi ijo yang keindahannya masih terpendam dan jarang diketahui masyarakat akan muncul menjadi wisata baru di Daerah Istimewa Yogyakarta. Diharapkan konsep integrasi edupark dan kawasan kekayaan geologi masa lampau akan menambah nilai revitalisasi dan keinginan masyarakat untuk berkunjung.

PERTANYAAN UTS SOAL NO.2
11. Apa rencana anda selain menghidupkan kembali terminal Tasikmalaya agar masyarakat dan perusahaan bus tertarik menggunakan fasilitas ini ?
(Dari Rizky Ramadyanza)
Jawab :
Rencana yang akan dilakukan adalah dengan membangyn mall serta hotel yang terhubung langsung dengan terminal bus Tasikmalaya, mengingat lahan di sekitar terminal bus ini masih sangat luas dan pendatang yang masuk ke daerah Tasikmalaya pun banyak dari berbagai kota. Selain untuk menarik minat masyarakat rencana ini juga di konsepkan untuk meratakan pembangunan dan keramaian kota Tasikmalaya agar tidak hanya terpusat di satu titik (Jl.Khz Mustafa) sehingga menurut saya rencana pembangunan mall dan hotel sudah sangat baik untuk turut serta menghidupka kembali fungsi terminal Tasikmalaya yang berada di areal pusat perkantoran pemerintah.
2    
22. Menurut anda konsep integrasi terminal dengan mall dan hotel apakah sudah efektif? Akan kah timbul masalah lain seperti kemacetan?
(Dari Hadi Wahyu Wibisana)
Jawab :

Ditinjau dengan keadaan sekarang ini, konsep ini sudah sangat efektif untuk merevitalisasi kawasan terminal Tasikmlaya yang sangat luas ini. Pemerataan pembangunan dan keramaian menjadi faktor utama dalam rencana ini. Terminal bus dan adanya hotel akan memudahkan pengunjung dan pendatang untuk mengakses penginapan dan trasnportasi dan mall akan mendukung untuk meramaikan kawasan ini. Masalah kemacetan akan sangat mudah diuraikan karena sudah diperkirakan matang-matang, tersedianya jalan protokol yang sangat besar dan 2 arah dengan pembatas, serta tersedia empat jalan alternatif bagi yang ingin menuju ke pusat kota Tasikmalaya atau meneruskan  perjalanan ke Bandung.

1 komentar:

Revitalisasi Kawasan