KENALKAH JENIS KONSERVASI ?

Minggu, 05 Juni 2016

JAWABAN SOAL UTS PENATAAN DAN REVITALISASI KAWASAN 2

Nama : Della Neysa Henzalina
NIM    : 114130145


Penataan & Revitalisasi Kawasan

Merevitalisasi Bukit Kapur di Pendukuhan Ngelengkong, Groyokan Sambirejo untuk menjadi Taman Jurasic Park (Dinosaurus) yang terbesar di Asia. Revitalisasi ini memiliki konsep taman hijau yang asri dan tertata sebegai sarana edukasi. Taman yang dapat digunakan sebagai sarana hiburan serta edukasi ini mempunyai fasilitas terlengkap tentang peninggalan zaman purba kala dan konsep revitalisasi ini juga di dukung dengan ditemukannya kajian dari para peneliti bahwa daerah bukit kapur ini memiliki batuan kapur yang ternyata berasal dari endapan abu vulkanik dari Gunung Api Purba Nglanggeran dan temuan tersebut semakin mendukung untuk dibangunnya taman edukasi ini yang bertema zaman purba kala.
Tebing breksi ini juga dapat digunakan untuk sarana belajar tentang sejarah geologi dan dapat memberikan manfaat yang sangat besar bagi semua pihak, akan tetapi proses revitalisasi ini harus dilaksanakan dengan bijaksana dan harus mempertimbangkan faktor-faktor teknis, finansial, social dan budaya yang ada. Pengembangan atau revitalisasi kawasan ini juga bekerjasama dengan berbagai investor asing sehingga proses revitalisasi yang akan dilaksanakan dapat mencapai hasil yang diinginkan. Dengan beberapa aspek :
a)    Sosial
Mengajak masysrakat sekitar tebing breksi untuk sadar akan adanya pembangunan cagar geologi yang dapat dimanfaatkan untuk edukasi bagi banyak orang dan pembangunan ini juga dapat menambah dan menaikkan penghasilan masyarakat local, dan wajib untuk melakukan pemantauan serta perlindungan daerah sekitar tebing untuk menjaga agar terhindar dari berbagai bencana.
b)   Lingkungan
Keberadaan tebing breksi yang terdapat di daerah ini akan menambah suasana yang diinginkan yaitu zaman purba kala yang diperkuat dengan adanya bekas galian breksi yang menginggalkan guratan-guratan yang indah pada tebing sehingga terbentuk panorama yang menarik untuk dikunjungi berbagai wisatawan local maupun wisatawan asing.
c)    Teknis
·         Tetap dijalankannya pertunjukan budaya sekitar sehingga para turis dapat mengetahui seni budaya yang terdapat di Groyokan Sambirejo ini.
·         Membuat wisata hewan purba dan cagar geologi
·         Mendatangkan hewan purba kala local seperti komodo dan memberikan tempat yang mirip dengan habitat asli

d)   Finansial
·         Menambahkan dan membuat sarana wisata olahraga seperti outbon.
·         Adanya kerjasama dengan pihak asing untuk membantu dalam mendatangkan replika-replika hewan purba (seperti : Dinosaurus)
·         Membuka paket perjalanan atau tour geowisata taman Jurasic Park dan bekerjasama dengan tempat-tempat wisata terdekat lainnya seperti Candi Prambanan, Situs Candi Ratu Boko, Candi Ijo dan Candi Barong.
·         Mengembangkan ekonomi local dengan menjual berbagai karya seni local dan barang-barang kerajinan tangan serta kuliner khas daerah sekitar yang dibuat oleh masysrakat sekitar atau masyarakat local untuk dijual kepada wisatawan yang akan datang.

·         Membangun penginapan dengan mengajak dan menggunakan daerah sekitar dengan konsep penginapan ala-ala zaman dahulu kala yang bekerjasama dengan penduduk local.

1 komentar:

Revitalisasi Kawasan