KENALKAH JENIS KONSERVASI ?

Minggu, 12 Juni 2016

Revitalisasi Pantai Tanah Merah di Tanjung Harapan, Kecamatan Samboja, Kalimantan Timur




  By : Inggrit Karla Putri
114130015






Samboja merupakan sebuah Kecamatan yang terletak di Wilayah Pesisir Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur. Kecamatan Samboja memiliki luas wilayah mencapai 1.045,90 Km2 yang dibagi dalam 19 Kelurahan dan 4 Desa. Salah satu Kelurahan yaitu Tanjung Harapan memiliki pantai yang dikenal dengan nama Pantai Tanah Merah yang letaknya tidak begitu jauh terletak kurang lebih 14 km dari jalan raya Balikpapan - Samarinda.
Jalan menuju kawasan wisata buruk
Tidak terdapat fasilitas yang memadai
Banyak sampah yang ditinggalkan oleh para wisatawan
Sedikit pengunjung


Pantai Tanah Merah memiliki luas kurang lebih 8 ha. Pantai ini berpasir putih ditumbuhi pohon cemara yang tumbuh lebat memperindah pesisir pantai. Merupakan tempat yang sangat cocok untuk berekreasi atau berkemah sambil berburu kepiting dan memancing ikan. Tempat ini dapat dicapai dengan menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat.
Lokasi Pantai Tanah Merah

Namun, kondisi pantai Tanah Merah ini terlihat kurang terawat karena kurangnya perawatan dari pemerintah sehingga perlu dilakukan revitalisasi agar kawasan pantai ini menjadi lebih terpadu dan lebih menarik lagi untuk dikunjungi oleh wisatawan.
Menurut Joyosuharto(2000) bahwa pengembangan pariwisata memiliki tiga fungsi,yaitu :
1.      Menggalakkan ekonomi
2.      Memelihara kepribadian bangsa dan kelestarian fungsi dan mutu lingkungan hidup
3.      Memupuk rasa cinta tanah air dan bangsa.

Untuk menjalankan ketiga fungsi tersebut diperlukan pengembangan obyek wisata dan daya tarik wisata, meningkatkan dan mengembangkan promosi dan pemasaran, serta meningkatkan pendidikan dan pelatihan kepariwisataan. Karena kawasan pantai ini kurang berkembang yang diakibatkan karena informasi yang sangat minim serta kurangnya tereksplor keindahan dari pantai ini. Selain itu juga disebabkan oleh keterbatasan fasilitas yang disediakan ditempat ini sehingga tidak dapat memenuhi keinginan pengunjung. Menurut (pendit,1999) unsur – unsur yang terlibat dalam pariwisata adalah akomodasi tempat tinggal, jasa boga dan restoran, beserta transportasi dan jasa angkutan, cinderamata, atraksi wisata.
foodcourt

Sementara itu kawasan pantai tanah merah ini belum terlalu diperhatikan oleh pemerintah setempat, sehingga sangat terbatas dari segi akomodasi tempat tinggal dan juga jalan menuju kawasan pantai tersebut masih dalam keadaan yang buruk karen masih berlubang dan cukup sempit, kawasan pantai ini juga cukup kurang dalam hal jasa boga dan restoran, transportasi dan jasa angkutan, atraksi wisata dan, souvenir. Sehingga perlu dilakukan pengembangan lebih lanjut agar kawasan pantai ini dapat menjadi lebih baik lagi. Beberapa nilai-nilai potensial yang dapat dikembangkan dari Pantai Tanah Merah ini adalah keindahan dari pohon – pohon cemara yang ada disekitar pantai sehingga memberikan keindahan pantai. Sebagai tempat untuk membudidayakan kepiting bakau karena terdapat banyak kepiting bakau pada daerah pantai, dan juga dapat dijadikan tempat refreshing dari para pegawai perusahaan – perusahaan besar yang ada di daerah samboja.

Dalam upaya meningkatkan mutu dan kualitas pantai Tanah Merah untuk meningkatkan perekonomian desa Tanjung Harapan dilakukan beberapa revitalisasi dengan konsep pariwista dan edukasi yaitu dengan tetap mempertahankan keindahan pantai namun dengan perbaikan dan penambahan fasilitas, penerangan yang bagus, membuat dan merapikan tempat parkir agar masyarakat yang datang berkunjung tidak menaruh kendaraan sembarangan sehingga mengganggu pengunjung lain, membuat lahan untuk pedagang secara rapi, perbaikan jalan menuju tempat wisata, dan membuat beberapa area permainan untuk anak-anak. Kemudian untuk konsep edukasi yaitu dengan mengajarkan kepada para pengunjung tentang cara dan bagaimana dalam membudidayakan kepiting bakau dengan cara diternakkan atau ditambak yang lokasinya berada di pesisir pantai Tanah Merah.
Arena Edukasi

Pantai Tanah Merah adalah salah satu objek wisata yang ada di Samboja yang harus dipertahankan dan dilakukan revitalisasi yang kemudian bertujuan untuk dapat meningkatkan perekonomian desa, dan memberikan lapangan pekerjaan pada masyarakat sekitar. Peran masyarakat sekitar dalam proses revitalisasi ini sangat dibutuhkan karena masyarakat yang memiliki pengetahuan lebih tentang keadaan kawasan pantai tanah merah ini. Revitalisasi kawasan ini juga dapat menambah pendapatan daerah di sektor pariwisata, revitalisasi ini juga memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar baik dibidang ekonomi, sosial, maupun budaya dan masyarakat dapat terlibat langsung dalam pengelolaannya dan tidak menjadi penonton di daerah atau wilayah mereka sendiri.
  
DAFTAR PUSTAKA
Mitchell, Bruce. Setiawan, B. Rahmi, Hadi, Dwita. 2007. Pengelolaan Sumberdaya dan Lingkungan.Universitas Gajah Mada: Yogyakarta.
Rustiadi, Ernan, dkk. 2011. Perencanaan dan Pengembangan Wilayah. Yayasan Pustaka Obor : Jakarta.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Revitalisasi Kawasan