Interior Underground Water Castle (Tamansari)
Revitalisasi interior pada bangunan cagar budaya menjadi penting dilakukan
Kolam sebagai micro Cosmos berfungsi juga sebagai penjaga suhu dan kelembabanKawasan
Adalah bagian lingkungan seluas sekitar 30-60 Ha yang memiliki benda alam, bangunan dan prasarananya dan karakter yang relatip homogen dan dapat ditetapkan batas tepinya. Kawasan Strategis
Adalah kawasan yang memiliki potensi sosial, ekonomi dan budaya memiliki dampak
baik untuk tingkat lokal, regional maupun nasional
Vitalitas Ekonomi
baik untuk tingkat lokal, regional maupun nasional
Vitalitas Ekonomi
Adalah faktor/ variabel yang berpengaruh terhadap suatu kawasan agar ekonomi kawasan berfungsi secara maksimal
Vitalitas Non Ekonomi
Adalah faktor/ variabel non ekonomis yang berpengaruh pada suatu kawasan agar vitalitas suatu kawasan berfungsi secara maksimal
Revitalisasi Kawasan
Rangkaian upaya untuk menata kembali kawasan yang tidak teratur, meningkatkan vitalitas kawasan yang memiliki potensi dan nilai strategis dan mengembalikan vitalitas kawasan yang telah atau mengalami penurunan, agar kawasan tersebut bisa mendapatkan nilai tambah yang optimal terhadap produktifitas ekonomi, sosial dan budaya kawasan.
BAGAIMANA MENJUAL POTENSI KAWASAN TEREVITALISASI?
BalasHapus“Mengapa” Menjual Kawasan Revitalisasi
BalasHapusKarena, Belum semua “kekayaan” kawasan dikenali, dikualifikasi dan dispesifikasi.
Potensi revitalisasi kawasan belum diidentiikasi dan diinventarisasi secara rinci dan lengkap.
Kekayaan dan potensi revitalisasi kawasan baru “dikemas” dalam format terbatas, belum untuk “jualan”
A. Potensi kekayaan kawasan revitalisasi yang ada belum “terjual” optimal.
BalasHapus1) Potensi yang ada “dijual” dalam
format dan kemasan “apa adanya”.
2) Penjualan kekayaan budaya tidak
dilkukan secara “terstruktur”, tetapi secara
terlepas-lepas.
B. Potensi kekayaan kawasan revitalisasi yang ada belum “terjual” optimal.
1) Potensi yang ada “dijual” dalam
format dan kemasan “apa adanya”.
2) Penjualan kekayaan budaya tidak
dilkukan secara “terstruktur”, tetapi secara
terlepas-lepas
“Bagaimana” Menjual Potensi Kawasan Revitalisasi?
BalasHapusA. Menjual dengan kerangka “Spasial”
Kawasan revitalisasi terdiri atas berbagai kawasan bagian, yang dapat “distrukturkan”
Dalam satu satuan manajemen kawasan.
B. Menjual dengan kerangka “Sektoral”
Kehidupan urban terbagi atas berbagai “sektor” segmen) yang merupakan satuan komunitas manajemen kawasan.
C. Menjual layanan potensi revitalisasi kawasan dengan prinsip “cost recovery”
“Produksi” dan “deliveri” layanan kawasan revitalisasi dilakukan dengan dasar menghasilkan kembalinya biaya produksi untuk layanan yang lebih baik.
D. Disiapkan “satuan pengelola” kawasan yang memadai dan dapat menerima limpahan sebagian urusan sektor-sektor.
Kekayaan kawasan revitalisasi yang potensial dilimpahkan kepada satuan manajemen kawasan profesional agar “penjualan” dapat menghasilkan kontrubusi pendapatan untuk membiayai pelayanan prima.
E. Diperbaikinya sistem keuangan program kawasan revitalisasi khususnya untuk memungkinkan dilibatkannya sumber daya keuangan swasta untuk investasi dan untuk mendapatkan pemasukan yang selangsung mungkin dan berkelanjutan dari kelompok sasaran untuk operasi dan pemeliharaan dari suatu fasilitas yang diadakan melalui program tersebut